Tarbiyah membaca adalah suatu gerakan yang dibangun oleh DEMA Jurusan Tarbiyah STAIN Kediri karena melihat kurangnya minat baca mahasiswa saat ini. Hal ini didasari karena banyaknya waktu luang yang terbuang sia-sia setelah proses perkuliahan beralngsung. Keresahan-keresahan inilah yang menggugah hati teman-teman DEMA Jurusan Tarbiyah untuk membentuk gerakan atau komunitas membaca di Jurusan Tarbiyah. Komunitas ini diharapkan dapat menjaring dan menampung bakat-bakat terpendam yang dimiliki oleh mahasiswa STAIN Kediri Khususnya mahasiswa Jurusan Tarbiyah. Komunitas yang terbentuk nantinya diharapkan menjadi embrio bagi komunitas-komunitas baca lain dan mampu menginspirasi DEMA dari Jurusan lain agar mampu membangun budaya membaca di dalam kampus STAIN Kediri.
Teman-teman mahasiswa sadar bahwa pembiasaan membaca harus diawali dengan hal-hal kecil seperti membaca buku atau membeli buku. langkah awal yang dilakukan DEMA Jurusan tarbiyah adalah dengan membuka perpustakaan dadakan di area Gedung Tarbiyah STAIN Kediri. Koleksi buku didapatkan dari buku-buku pribadi mahasiswa. selanjutnya, setelah dirasa sudah tumbuh minat baca dan rasa cinta terhadap buku, DEMA Jurusan Tarbiyah mengagendakan untuk menggelar dialog-dialog ataupun diskusi-diskusi ilmiah yang akan meningkatkan wawasan mereka.
kegiatan-kegiatan peningkatan minat baca yang dilakukan oleh komunitas Tarbiyah Membaca ini sudah dilakukan dari beberapa waktu yang lalu. Pada awalnya mereka menentukan topik bahasan dalam sebuah diskusi. dari topik yang sudah ditentukan, anggota komunitas diwajibkan mencari literatur dan membaca buku-buku yang berkaitan dengan topik yang sudah ditentukan. Kegiatan selanjutnya adalah mendiskusikan hasil penelusuran masing-masing anggota komunitas. Dari kegiatan seperti ini diharapkan tumbuh kembangnya intelektual dan daya kritis mahasiswa. Sehingga terbentuk mahasiswa yang benar-benar kompeten dan mempunyai pengetahuan yang luas.