Teknologi informasi era sekarang ini begitu luar biasa maju untuk mendukung segala kebutuhan manusia. Salah satunya bidang literasi baik akademik maupun umum. Manusia sekarang begitu mudah untuk mengakses buku-buku literatur melalui internet tanpa perlu datang langsung ke perpustakaan sebagai pusat sumber bacaan. Beda dengan beberapa tahun lalu. Namun begitu, perpustakaan tidak bisa di elakkan begitu saja peranannya. Banyak literatur yang tidak begitu saja bisa di akses melalui internet. Oleh karena itu, pembaca yang ingin memperoleh sumber bacaan harus tetap mengunjungi perpustakaan secara langsung.
Bahkan di negara-negara maju, perpustakaan menjadi tempat paling ramai dikunjungi terutama para mahasiswa. Kalau biasanya suatu pelayanaan yang sering dikritisi, berikut kita lihat dari segi konsumen. Selain pustakawan dan manajemen perpustakaan yang harus dan sudah kreatif menata perpustakaan demi menarik minat pembaca untuk datang, sebagai pembaca yang baik sudah semestinya juga harus memiliki etika bagaimana menjadi pengunjung dan pembaca yang baik demi kenyamanan perpustakaan tersebut.
Berikut beberapa tips menjadi pengunjung perpustakaan agar dapat memperoleh kenyamanan dan kemudahan dalam mengakses koleksi baik dengan tujuan untuk meminjam ataupun membaca.

1. Membaca tata tertib perpustakaan
Setiap tempat yang sifatnya untuk publik pasti memilki aturan tata tertib sendiri. Apalagi perpustakaan yang merupakan pusat hasil karya tulis. Sebelum memasuki perpustakaan carilah informasi mengenai aturan perpustakaan tersebut. Aturan perpustakaan biasanya sudah tertulis jelas. Kalaupun anda tidak menemukan aturan tersebut, bertanyalah kepada penjaga yang berada di reseptionis perpustakaan. Biasanya petugas perpustakaan yang berada di koleksi tidak harus menjelaskan bagaimana cara mengakses literatur-literatur yang ada. Karena para pengunjung yang masuk dianggap sudah tahu peraturan perpusakaan.

2.Mengetahui lokasi literatur dalam perpustakaan
Setelah mencari informasi peraturan perpustakaan, selanjutnya anda bisa mencari informasi lokasi-lokasi yang ada diperpustakaan, dimana lokasi koleksi umum, lokasi koleksi novel, majalah, virtual library ataupun tempat membaca. Hal ini dilakukan agar anda tidak kelihatan seperti orang kebingungan ketika sudah masuk perpustakaan. Karena yang sering terjadi pengunjung selalu kebingungan ketika sudah masuk lokasi utama. Biasanya petugas perpustakaan sudah menyediakan peta lokasi perpustakaan untuk mempermudah pengunjung.

3.Memiliki tujuan jelas
Banyak pengunjung perpustkaan yang datang hanya untuk menghabiskan waktu diperpustakaan tanpa tujuan jelas. Akibatnya hanya memenuhi ruang baca dan akhirnya malah mengganggu pembaca lain karena membuat gaduh. Sebelum datang ke perpustakaan pastikan apa yang ingin anda lakukan diperpustakaan, tentukan buku apa yang akan di cari sehingga tidak hanya mondar-mandir di perpustakaan tanpa tujuan jelas.

4.Tidak segan bertanya
Sistem perpustakaan sekarang ini sudah serba canggih, biasanya orang yang baru pertama ke perpustakaan dengan sistem komputer yang rumit ataupun sistem mandiri akan kesulitan. Sekali lagi jangan malu untuk bertanya pada petugas. Jika anda malu lalu hanya mencoba-coba yang terjadi malah bisa merusak sistem komputerisasi tersebut. Hindarilah membuat malu diri sendiri.

5.Menjaga etika membaca
Sebagai pembaca yang baik, sudah pada umumnya tidak membuat suara diruang baca apalagi suara gaduh. Alangkah baiknya jika pembaca mengerti kebutuhan pembaca yang lain. Kalaupun tujuannya untuk berbicara dengan teman bisa dilakukan di luar perpustakaan. Budaya kita masih sering menjadikan perpustakaan sebagai tempat nongkrong, ngobrol tiada guna, padahal buku-buku di perpustakaan siap untuk dibaca, sayang jika hanya di jadikan pajangan. Jika anda merasa terganggu dengan pengujung lain, laporkan pada petugas untuk menegur mereka.

6.Memberi saran pada perpustakaan
Sebagai pengunjung yang kritis, anda dapat memberi masuka kepada perpustakaan semisal pengadaan musik relaks untuk belajar, penerang yang merata ataupun ruang baca terbuka jika belum ada, dan yang lebih penting referensi atau koleksi yang belum ada di perpustakaan tersebut.

Beberapa tips tersebut semoga dapat membantu para pembaca budiman yang ingin berkunjung ke perpustakaan yang akan dikunjungi. Selain manajemen perpustakaan sendiri yang harus kreatif dalam rangka menarik minta pengunjung, sebagai pengunjung perpustakaan sendiri juga harus memiliki etika yang baik untuk menjaga kenyamanan perpustakaan bagi pengunjung lain.